Selasa, 17 Juli 2012

Program MPLIK yang Kurang Diminati oleh Masyarakat

Arjasari Kabupaten Bandung SPNews


Dari mulai dilayangkannya program Mobil Penyediaan Layanan Internet Kecamatan, sampai saat ini  kelihatannya kurang mendapat respon dari masyarakat. Padahal apabila merujuk kepada keinginan dan harapan yang tertuang dalam Visi Misi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia benar adanya kalau masyarakat di pedalaman/terpencil jauh dari perkotaan sangat membutuhkan akses informasi. 

Visi dan Misi Depkomimpo sebagai berikut ;
 
VISI
Terwujudnya masyarakat informasi yang sejahtera melalui penyelenggaraan komunikasi dan informatika yang efektif dan efisien dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia

MISI
  1. Meningkatkan kapasitas layanan informasi dan pemberdayaan potensi masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat berbudaya informasi.
  2. Meningkatkan daya jangkau infrastruktur pos, komunikasi dan informatika untuk memperluas aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dalam rangka mengurangi kesenjangan informasi.
  3. Mendorong peningkatan aplikasi layanan publik dan industri aplikasi telematika dalam rangka meningkatkan nilai tambah layanan dan industri aplikasi.
  4. Mengembangkan standardisasi dan sertifikasi dalam rangka menciptakan iklim usaha yang konstruktif dan kondusif di bidang industri komunikasi dan informatika.
  5. Meningkatkan kerjasama dan kemitraan serta pemberdayaan lembaga komunikasi dan informatika pemerintah dan masyarakat.
  6. Mendorong peranan media massa dalam rangka meningkatkan informasi yang beretika dan bertanggung jawab serta memberikan nilai tambah pembangunan bangsa.
  7. Meningkatkan kualitas penelitian dan pengembangan dalam rangka menciptakan kemandirian dan daya saing bidang komunikasi dan informatika.
  8. Meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) bidang komunikasi dan informatika dalam rangka meningkatkan literasi dan profesionalisme.
  9. Meningkatkan peran serta aktif Indonesia dalam berbagai fora internasional di bidang komunikasi dan informatika dalam rangka meningkatkan citra positif bangsa dan negara.
  10. Meningkatkan kualitas pengawasan menuju terselenggaranya kepemerintahan yang baik (good governance).
Beberapa program yang dilaksanakan diantaranya mengacu kepada poin dua misi di atas yaitu, meningkatkan daya jangkau infrastruktur pos, komunikasi dan informatika untuk memperluas aksesibilitas masyarakat terhadap informasi dalam rangka mengurangi kesenjangan informasi. 
Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia telah meluncurkan program layanan internet langsung untuk masyarakat berupa Mobil Penyedia Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) yang di alokasikan ke berbagai wilayah Kecamatan. 
Salah satunya adalah  Imas seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung Propinsi Jawa Barat sebagai penerima titipan MPLIK untuk dioperasikan di wilayah Kecamatan Arjasari dan sekitarnya.
Saat dikunjungi oleh Tim Redaksi Sinar Pagi News, Imas mengungkapkan, setelah mendapat surat tugas  pengelolaan tertanggal 20 September 2011 baru pada tanggal 15 Nopember 2011 bantuan titipan MPLIK dia terima sebagaimana bukti yang tertuang dalam berita acara.
Beberapa kendala yang diungkapkan Imas dalam pengelolaan MPLIK tersebut yaitu bahwa jaringan sinyal kurang baik, sehingga saat pengguna mengoprasikan layanan internet tidak berjalan, kemudian saat kami konfirmasi tentang BOP pengelola, sampai diterbitkannya berita ini, Imas sama sekali belum menerima BOP pengelolaan MPLIK yang pada saat penandatanganan kontrak dijanjikan akan diberi Biaya Operasional sebesar Rp. 3jt namun Imas menyebutkan bahwa pada saat memperpanjang uji KIR kendaraan MPLIK di Jakarta pada bulan Februari 2012 ibu imas menerima uang sebesar 1 jt sebagai penggantian biaya transportasi bukan sebagai BOP.  Walaupun pengelolaan MPLIK ini dapat dikomersilkan namun setiap operasi, rata rata setiap harinya hanya ada 8 sampai 10 orang, itu juga angka yang terbanyak, masyarakat yang menggunakan layanan MPLIK, terkadang ada 4 orang, malahan tidak ada sama sekali yang menggunakan layanan MPLIK ini, sehingga Imas hanya mengoperasikan MPLIK pada hari hari tertentu saja seperti hari Sabtu, disamping harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan, karena MPLIK ini dioperasikan menggunakan mesin desel, Imas seolah merasa keberatan dengan kondisi Pengelolaan MPLIK.

Imulyana
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar